Salah satu strategi untuk meningkatkan disiplin warga sekolah baik peserta didik, guru, dan kepala sekolah yaitu dengan cara melaksanakan apel pagi setiap hari disekolah. Pendidikan tidak akan mencapai tujuan yang dicita-citakan apabila guru tidak memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan yang ideal serta kepribadian yang matang (dewasa, arif, bijaksana). Ketiga unsur tersebut bisa didayagunakan secara sinergis dan optimal apabila guru memiliki motivasi yang tinggi untuk melaksanakan program pengembangan diri.
Teknik apel pagi yang dimaksudkan adalah sebagai berikut, Siswa berangkat pagi ,harus sampai disekolah pukul 06.45 WIB, kehadiran peserta didik disambut oleh bapak dan ibu guru dengan berjabat tangan atau salam guru dapat melihat dan mengamati kelengkapan seragam siswa, potongan rambut, kerudung juga warna sepatu, selanjutnya cuci tangan pada keran dan dengan sabun yang sudah disediakan oleh sekolah .Selanjutnya pesrta didik menuju kelas untuk meletakkan tas di laci meja masing-masing untuk yang piket kebersihan kelas sudah dibersihkan siang hari sebelumnya sehingga pagi hari tidak tergesa-gesa melaksanakan piket kebersihan kelas. Tepat pukul 06.50 wib bel berdering dan wakil kepala sekolah urusan kesiswaan sudah menyiapkan sound sistem dan memanggil peserta didik berbaris ke lapangan sesuai urutan nomor absen yang bergeser setiap hari sehingga secara otomatis tidak perlu mengatur peserta didik sudah menempatkan diri sesuai nomor absen dan bergantian posisi sehingga muncul keadilan karena semua peserta didik setiap hari berganti posisi. Berdasarkan data dan observasi tidak ada lagi siswa yang datang terlambat karena siswa enggan mendapatkan konsekuensi atau hukuman jika terlambat.sehingga dengan apel pagi peserta didik lebih disiplin tepat waktu datang ke sekolah
apel pagi yang dilaksanakan sekolah tentu tidak boleh mengganggu jam-jam belajar yang sudah ditetapkan sekolah. Waktu-waktu apel itu adalah waktu-waktu yang memang hanya diperuntukkan untuk melaksanakan apel. Waktunya juga tidak harus terlalu lama. Antara 10-15 menit setiap pagi sudah memadai. Dan itu tidak boleh berada dalam jam belajar yang 45 menit itu.
Seperti sudah disinggung bahwa pelaksanaan apel sendiri akan berguna untuk melatih disiplin anak-anak sementara sedikit waktu yang dipakai untuk menyampaikan nasehat dan atau pengumuman lainnya juga sangat bermanfaat buat anak-didik. Bahkan guru yang terlibat baik langsung maupun tidak, akan juga mendapatkan manfaat dari pelaksanaan apel pagi. Guru yang cenderung lambat datang ke sekolah dapat diatasi dengan memberi tanggung jawab pelaksanaan apel pagi.